Friday, November 2, 2012

Menyelami Dasar Laut Iboih (Pulau Weh)

Setelah berhasil mengibarkan bendera Aku Cinta Indonesia di Puncak Gunung Kerinci beberapa waktu lalu kini kami mencoba mengibarkan bendera tersebut di dasar laut Sabang, Pulau Weh-pulau paling barat Indonesia

Kami menginap di kawasan wisata Iboih-Sabang, tepatnya di Iboih Inn atas rekomendasi seorang teman. Walaupun, perlu berjalan sekitar 200 meter dari tempat parkir tapi setelah sampai di lokasi tempatnya sangat luar biasa, berada di tepi pantai dan menghadap langsung ke Pulau Rubiah, salah satu pulau indah di daerah ini.
Dengan tarif Rp250.000,00 per malam akhirnya kami putuskan untuk menginap disini. Selain tempat yang nyaman di sini juga ada jaringan wi-fi sehingga memudahkan untuk ber internet-ria.

Hari itu juga kami mencoba akan menyelam di perairan ini. Dengan bantuan dari Rubiah Tirta Diving yang berada tidak jauh dari penginapan akhirnya keinginan untuk menyelam akhirnya terwujud pada hari itu juga. Mendengar misi kami adalah untuk menyebarkan semangat Aku Cinta Indonesia langsung kami mendapat diskon spesial dan akan dibuatkan video untuk penyelaman nanti.
Setelah diberikan sedikit training tentang diving, akhirnya tepat jam 3 sore kami mulai melakukan penyelaman yang lokasinya berada di depan Pulau Rubiah. Disini airnya jernih sekali. Saat masuk ke dalam air pun dasar laut sudah terlihat dengan jelas. Lalu kami menelusuri dasar laut yang lebih dalam lagi hingga menemukan spesies ikan yang tidak pernah kami lihat. Kami menemukan ikan Dori seperti di film Finding Nemo, lalu ada ikan yang badannya seperti dipenuhi bulu ayam, ada ikan yang bentuk tubuhnya seperti karang dan masih banyak ikan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dan akhirnya tibalah saatnya untuk mengibarkan bendera Aku Cinta Indonesia, sebagai simbol kecintaan kami akan negeri ini yang kaya akan pesona wisata yang indah.
Tanpa terasa waktu 3 jam sudah kami habiskan didalam air. Tabung oksigen semakin menipis dan sebelum terjadi sesuatu akhirnya kami naik dan kembali ke daratan.