Sunday, February 24, 2019

Tebing Koja by Mer Dha

Sebetulnya saya ga ada rencana mau ke tempat ini. Tujuan saya sih cuma liat-liat Stasiun Cisauk aja, trus kembali pulang. Nah saya sempet liat ada postingan teman tentang Tebing Koja, dan iseng saya coba cek di Google Map ternyata lokasinya masih di sekitar Tangerang tapi berbatasan dengan Kab. Lebak. - Mer Dha



Saya cek stasiun terdekat dengan lokasi Tebing Koja tersebut adalah Stasiun Maja. Mumpung masih di wilayah Tangerang, saya langsung aja cusss melanjutkan perjalanan naik kereta ke Stasiun Maja dengan waktu tempuh 45 menit melalui 7 Stasiun. Ternyata Stasiun Maja juga lumayan bagus dan bersih, pokoknya keren lah.
Keluar dari stasiun saya disambut layaknya tamu kehormatan oleh orang-orang di luar stasiun. Mereka berteriak antusias kepada saya : "Ojek pak... Ojeknya Pak.". Bangga... Terharu... karena disambut di daerah yang belum saya kenal. Hehehe...
Pilihan untuk ke lokasi yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan Ojek. Cuma di sana belum ada Ojek Onlen, jadi masih menggunakan ojek konvensional. Saya naik ojek ke lokasi ditempuh selama 30 menit dengan ongkos 25 ribu sekali jalan. Ternyata Stasiun Maja itu masuk ke wilayah Kabuaten Lebak, sedangkan Tebing Koja berada di wilayah Kabupaten Tangerang, tepatnya Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.
Jadi perjalanan saya dengan ojek melintasi perbatasan kabupaten di sebuah jembatan yang melintasi Sungai Panunggulan (menurut si mamang ojeknya), cek video. Kemudian masuk ke jalan kampung yaitu Desa Gegunungan.Ada 3 Desa yang saya lalui, kenapa saya tau lewati 3 desa? Karena ciri khas batas desa itu adalah ada 10-15 meter jalanan yang tidak dicor. Biasalah, klu di border line suka ga jelas urusannya. Btw, jalanan desanya ok lho... dicor semua, padahal dipelosok. Kata mamang ojeknya sudah hampir setahun dicor menggunakan dana desa. Wuiiih mantap lah, pembangunan merata sampe desa.
Akhirnya saya sampe lokasi, tempat parkirannya sih lumayan cukup luas. Selanjutnya saya masuk ke lokasi dengan membayar tiket sebesar 5 ribu saja. Kita jalan 50 meter dah sampe di titik atau spot foto. Di spot foto ada warung dan saya berkenalan dengan pemiliknya yaitu Kang Yudi, dan akhirnya dia banyak bantu saya foto-foto. Bagus-bagus hasil foto nya, karena mungkin sudah terbiasa bantu foto tamu-tamu yang datang.

Untuk ke lokasi ini menggunakan mobil, bisa melalui Tol Jakarta-Merak dan keluar di Balaraja. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Cisoka atau Maja. Sebelum SMP 2 Solear ada pertigaan dan belok ke arah kanan, kemudian luruuuus aja ikutin jalan sambil tanya-tanya ama warga setempat biar ga nyasar. Jalannya coran tapi cukup satu mobil, jadi klu ada mobil dari arah depan bisa dicari ruang yang agak besar untuk melipir.
Oya, sebelum Tebing Koja ada obyek wisata kecil dan buatan yaitu Rumah Liliput (maaf ga sempat kefoto). Sering dimanfaatkan untuk foto-foto juga termasuk foto prewed.
Nanti kalau ke sana, cobain naik perahu (bayar lagi) dan foto di spot-spot yang lain, terutama di bagian bawah. Disarankan datang ke sana hari biasa karena ga rame, nah klu wiken disarankan Sabtu pagi, karena siang dikit dah rame. Klu Minggu apalagi, ramae banget.
Dah gitu aja...

Photo and content by Mer Dha

0 comments:

Post a Comment