Monday, October 16, 2017

Lapis Bogor Sangkuriang, Oleh Oleh Khas Kota Hujan

Setiap daerah atau kota biasanya mempunyai oleh-oleh yang khas untuk buah tangan. Tidak terkecuali dengan Bogor. Kalau dulu jika mendengar orang berkunjung ke kota yang terkenal sebagai kota hujan itu langsung terbersit oleh-oleh berupa talas. Karena di daerah ini terkenal dengan tumbuhan bertunas dengan kualitas baik dan bentuknya yang besar.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, oleh-oleh berupa talas Bogor mulai tergerus oleh makanan 
atau kuliner khas lainnya yang mulai banyak dicari orang seperti toge goreng, roti mini, asinan dan oleh-oleh lainnya. Ada satu yang cukup menghebohkan kehadirannya di dunia peroleh-olehan yaitu hadirnya Lapis Bogor Sangkuriang pada tahun 2011.

Lapis Bogor Sangkuriang hadir sebagai makanan khas Bogor yang langsung digemari karena bahan bakunya terbuat dari tepung talas, yang juga merupakan makanan khas Bogor era sebelumnya. Cemilan Bogor ini menjadi favorit karena rasanya cocok untuk selera orang Indonesia dan juga praktis dalam penyajian. Tinggal beli, potong dan dapat langsung dihidangkan. Hingga datang suatu masa kalau orang jalan-jalan ke Bogor pasti beli oleh-olehnya Lapis Bogor Sangkuriang ini.

Seiring dengan banyaknya permintaan akan oleh-oleh khas Bogor ini, maka berlaku juga hukum ekonomi tentang supply and demand. Beberapa merek bermunculan dengan menggunakan Lapis Talas sebagai bahan bakunya. Beberapa pembeli ada yang terkecoh dengan hadirnya produk sejenis, namun bagi pelanggan yang sudah merasakan perbedaan rasa tentu tidak akan tergoda, walau harga yang ditawarkan lebih murah. Padahal dari segi hargapun Lapis Talas yang asli dijual dengan harga terjangkau.

Harga Lapis Bogor dengan berbagai varian rasa




Lapis Bogor Sangkuriang hadir dengan rasa dan varian yang beragam. Favoritnya adalah original keju. Namun ada juga varian lain dapat dicoba yaitu : original extra cheese, full talas keju, brownies keju, coco pandan keju, strawberry keju, chocovila, dan teh hijau keju.

Rasa original keju yang menjadi favorit konsumen


Saat ini cukup banyak tersedia outlet yang menjual Lapis Bogor Sangkuriang. Selain di Jalan Sholeh Iskandar, juga tersedia di Jalan Pajajaran hingga Cibinong. Selain itu tersedia juga di reseller yang tersebar di wilayah Bogor.

Kalau malas mengunjungi outlet-outlet tersebut karena macet atau antri, kita juga bisa memanfaatkan layanan go-food. Tinggal pesan dari aplikasi Go-jek kita tinggal klik kue mana yang akan dipesan. Praktis kan.





2 comments:

wah, iya bener banget... banyak yang sama bentuk, merek, menu, konsep, bahkan tampilan storenya... dan gak tanggu menawarkan harga lebih murah... Dan terbukti 2 hari lalu, saya lihat outlet besar di Sentul, pakai nama Lapis Bogor Talas by *sensor*...

Yang kayak gitu bisa merusak harga pasaran wkwkkwkwk...

Pernah coba yang full talas keju, lembutttttttttt banget. Penasaran sama original extra cheese nih jadinya. Original keju aja udah berlimpah kejunya apalagi yang extra kaliya.

*jadi nelen ludah
*sambil elap iler

Post a Comment