Thursday, October 29, 2015

Mengintip Pesona Bidadari




Hanya sekitar 30 menit perjalanan yang ditempuh dengan melewati Teluk Jakarta kita sudah sampai di Pulau Bidadari. Kami menginap di Bidadari Eco Resort yang merupakan salah satu resor di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Sebelumnya bernama Pulau Bidadari, pulau ini dikenal sebagai Pulau Sakit karena pernah dijadikan tempat orang yang sakit lepra. Sedangkan nama Bidadari sendiri diambil dari sejarah yang menyatakan bahwa pulau ini merupakan pulau yang sering disinggahi oleh keluarga kerajaan Jayakarta pada masa lalu. 

Setibanya di Pulau Bidadari setelah menyegarkan diri dengan "welcome drink" kami diajak untuk berkeliling Pulau Bidadari yang luasnya sekitar 6 hektar.  Di pulau tidak ada penduduk yang tinggal. Sedangkan untuk para pengunjung bisa menginap di Bidadari Eco Resort. Selain itu ada juga benteng peninggalan Belanda yaitu Benteng Mastello. Benteng ini berfungsi sebagai tempat pengintaian musuh, sedangkan bagian bawah tanahnya terdapat ruang untuk menyimpan cadangan senjata. Demikian diungkapkan oleh Bapak Candrian Attahiyyat, seorang arkeolog yang bekerja pada pemerintahan Provinsi DKI Jakarta yang mengantar kami berkeliling.

Tampak Bagian luar Benteng Martello di Pulau Bidadari (Foto : Harris Maulana)
Tampak Bagian dalam Benteng Martello di Pulau Bidadari (Foto : Harris Maulana)
Selanjutnya kami melewati hutan mangrove yang berfungsi sebagai cagar alam dan juga menjadi benteng jika ada gelombang besar. Fungsi dari hutan mangrove ini juga sebagai "hutan lindung" jika di daratan yaitu sebagai penyeimbang ekosistem. Itulah mengapa resort ini menggunakan kata "eco resort" untuk penyebutannya. Selain itu di pulau ini juga terdapat biawak yang keberadaannya dilindungi dan juga elang bondol yang merupakan maskot dari Kota Jakarta. Jadi resort ini ikut berperan dalam melestarikan alam sekitar dan memelihara spesies didalamnya, termasuk rusa tutul yang sudah jinak ikut bercengkrama dengan para pengunjung.
Tugu Elang Bondol (Foto : Harris Maulana)
Rusa Tutul (Foto : Harris Maulana)
Biawak yang berada di semak-semak (Foto : Harris Maulana)
Karena pulau ini dekat dengan Jakarta, banyak pengunjung yang datang sekedar berwisata sehari atau tidak menginap yang lebih dikenal dengan One Day Tour. Dengan paket ini pengunjung sudah mendapatkan fasilitas antar pulang ke pulau dari dermaga Marina Ancol, makan siang, water sport seperti banana boat , dan kunjungan ke tiga pulau terdekat yakni pulau khayangan, Onrust dan Kelor. Sebelum menjadi resort sempat kosong dan tidak berpenghuni sampai dengan tahun 1970. Pada awal tahun 1970-an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resort wisata. Setelah puas berkeliling, kemudian kami check-in untuk istirahat sejenak dan dilanjutkan dengan jamuan makan siang sebelum melakukan "island hopping" ke Pulau Onrust dan Pulau Kelor.

0 comments:

Post a Comment