Friday, November 2, 2012

Eksplorasi Kawasan Tanjung Lesung




Entah mimpi apa semalam saat saya ditawari untuk melakukan trip perjalanan wisata ke Tanjung Lesung, Banten selama 3 hari 2 malam. Tidak perlu berpikir panjang saya langsung menyetujui tawaran ini, urusan cuti bisa diatur.  Dan yang lebih gila lagi ternyata kita berangkat bersama Trinity. Siapa yang tidak kenal dia? bagi kalangan traveler tentu tidak akan asing lagi. Selain itu juga ada Barry Kusuma seorang fotografer yang sudah menjelajah keliling Indonesia mengunjungi alam dan budaya nusantara yang sangat beragam. Lalu ada Rini Raharjanti, seorang traveler yang sudah menerbitkan buku backpacker-nya di India dan Selandia Baru. Ada juga Murni yang mengelola situs traveling indohoy.com dan Veny seorang pecinta traveling yang rela resign hanya untuk mengejar passion-nya.



Lengkap sudah petualangan kali ini, dan pada tanggal 6 Agustus 2012 pukul 08:00 kami semua sudah berkumpul di Menara Batavia sebelum berangkat menuju lokasi. Perjalanan dimulai tepat jam 08:30 melalui Jalan tol Jakarta - Merak, kemudian keluar Serang Timur, melalui Pandeglang, Mandalawangi dan Labuan. Perjalanan ditempuh dalam waktu 3,5 jam. Tepat jam 12.00 kita sudah tiba di lokasi "Tanjung Lesung Resort".


Tanjung Lesung Resort adalah bagian dari Kawasan Wisata Tanjung Lesung yang memiliki luas 1.500 hektar. Kawasan ini dikembangkan oleh Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) yang didirikan pada tahun 1990 dengan tujuan untuk mengembangkan kawasan wisata terpadu yang menjanjikan di Propinsi Banten. Sampai saat ini pengembangan pariwisata di kawasan ini terus berjalan untuk mencapai tujuan tersebut. Saat ini kepemilikan Tanjung Lesung ini dimiliki oleh PT Jababeka, Jakarta.

Kawasan Wisata Tanjung Lesung, Banten
Kami menginap di Kalicaa Villa yang terdiri dari 3 kamar dan terdapat kolam renang. Dapat dihuni oleh 6 orang dengan tarif Rp 2.000.000,- / malam (weekdays) dan Rp 4.200.000,- (weekend) termasuk breakfastdinner dan fasilitas lainnya. Untuk paket 3 malam mendapat diskon yang cukup lumayan. 


Kalicaa Villa 




Santai di depan kolam renang

Setelah istirahat sejenak di villa, kami langsung melakukan eksplorasi di Kawasan Tanjung Lesung Resort. Pertama kami menuju tempat penyewaan sepeda agar mudah berkeliling di kawasan ini. Kami boleh memilih sepeda apa saja, ada mountain bike, sepeda tandem, sepeda anak-anak, dll dengan sewa Rp 30.000 / jam.




Ke pantai bawa sepeda

Setelah mendapat sepeda yang diinginkan kami bersama-sama ke Beach Club yang berada di tepi pantai. Disini disediakan berbagai jenis water sport seperti waterski, jetskibanana boat, berenang dan snorkeling, dll.

Selain itu disediakan juga trip untuk eksplorasi ke Ujung Kulon, Pulau Peucang, Pulau Panaitan, Anak Gunung Krakatau atau Rakata hingga diving. Kita tinggal memilih paket mana yang kita inginkan.


Setelah puas melihat-lihat kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Bodur yang berada di kawasan ini. Perlu waktu 15 menit untuk mencapai pantai tersebut dengan menggunakan sepeda. Dan ternyata pantainya sangat bersih dan pasirnya putih. Namun tidak boleh untuk berenang karena ada cekungan yang cukup dalam, namun rasa penasaran mengalahkan larangan tersebut. Kami semua menceburkan diri ke dalam laut, tentu dengan waspada dan saling memperhatikan satu sama lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah 2 jam berenang kami mendapat bonus sunset yang indah. Wow beautiful...

Setelah menikmati sunset yang sudah tenggelam, kami kembali ke villa, bersih-bersih dan malamnya menikmati hidangan seafood party yang bisa diadakan di villa kami. Berbagai jenis makanan laut disajikan mulai dari udang, cumi, hingga berbagai jenis ikan laut. Wih kenyanggg :D

Dan untuk besok kami merencanakan perjalanan menuju Pulau Peucang, pulau paling barat di ujung Pulau Jawa. Mau tau keseruan saat kesana? ada apa saja disana? simak pada tulisan berikutnya 

0 comments:

Post a Comment